Intel luncurkan procecor Atom N280

Beberapa hari lalu tepatnya hari Rabu, Intel telah resmi mengirimkan Atom N280 ke berbagai perusahaan pembuat PC, Atom seri terbaru ini dipercaya akan lebih matang dari segi performa dan yang terpenting adalah grafisnya telah ditingkatkan khususnya untuk platform netbook. Berita yang cukup baik untuk para penggemar netbook yang hendak membeli netbook tahun ini.

Single-core terbaru Atom ini dibekali dengan chipset yang mampu memberikan sajian konten berkualitas “high-definition” kedalam netbook tanpa menambah jumlah energi yang dikeluarkan, sehingga lebih hemat baterai lagi tentunya. Chipset berlabel GN40 ini sangat mumpuni karena dilengkapi dengan hardware yang memang didesain khusus yang berbasis high-definition video decoder dengan kemampuan penyajian gambar hingga 720p HD untuk konten video-nya.

Walaupun pada dasarnya pembuatan chipset Atom oleh Intel dimaksudkan hanya untuk menjalankan aplikasi standar seperti web browser ataupun word processing, kini Intel akan lebih serius untuk memanjakan para pecinta netbook dengan kemampuan seri Atom terbarunya yang mampu menampilkan kualitas HD video, sehingga aktifitas streaming video menggunakan netbook dapat lebih nyaman lagi.

Jika dilihat kebelakang pada seri sebelumnya yaitu Atom N270 dengan chipset berkode 945GSE, belum dilengkapi dengan hardware khusus yang berbasis HD video decoder. Sehingga kualitas grafisnya masih dipertanyakan. Sejalan dengan itu produsen chip seperti Nvidia sudah merilis Ion platform yang dapat menaikkan kualitas display netbook hingga ke level 1080p content. Dan semenjak saat itu, isu utama netbook menjadi condong ke arah kualitas dan kemampuan grafis dari perangkat mini PC ini, dan bukan lagi bersaing tentang ukuran.

Atom N280 berkapasitas 1.66GHz, sedikit lebih cepat dari N270, karena chipset Intel terbaru ini berada pada kecepatan 667 MHz. Sangat membantu dalam performa dan konektifitas antar komponen pada sistem pada netbook. Untuk pemakaian energi yang digunakan, N280 mengkonsumsi 2.5 watts tenaga baterai.

Soal harga? Intel belum mau membocorkannya untuk umum. Namun yang jelas Asus sudah menggunakan processor ini di produk EeePC paling barunya yaitu Eee PC 1000HE yang dibandrol dengan harga awal $399. Asus mengklaim netbook-nya ini mampu bertahan hingga 9,5 jam…Tampaknya sejumlah toko online sudah antri untuk memesan langsung perangkat-perangkat terbaru ini, netbook terbaru dengan processor terbaru didalamnya.

sumber : intel atom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar