Harddisk Hitachi Deskstar 7K1000B

Banyak faktor bagi penguna computer untuk melihat penilaian sebuah harddisk seperti daya tahan, kinerja harddisk dan kecepatan. Nilai terpenting tentu daya tahan, sesuai fungsi harddisk untuk menampung data. Penguna harddisk harus merasa yakin bahwa data mereka aman tersimpan. Kinerja harddisk, pasti perlu dipertimbangkan. Apakah harddisk memang cepat, atau cukup cepat atau tidak cepat sama sekali. Dan terakhir untuk pemakaian khusus seperti kecepataan harddisk dalam mentranfer data, biasa menjadi nilai tambah bagi penguna harddisk.

Dari 3 tingkat kebutuhan, hanya satu nilai paling penting yaitu daya tahan. Sesuai fungsi harddisk digunakan untuk media penyimpan data. Semua penguna berharap harddisk yang digunakan dapat bekerja lebih lama. Dan dalam kondisi gagal bekerja seperti terjadinya failure atau kerusakan bad sector maka pemilik harddisk masih bisa menyelamatkan data dengan proses backup. Atau daya tahan controller harddisk yang handal, karena kerusakan controller harddisk harddisk berarti hilangnya semua data. Satu produsen harddisk ternama yaitu Hitachi, lebih banyak menawarkan produknya ke segmen korporasi. Sekarang Hitachi memiliki beberapa produk untuk retail.

Hitachi memiliki 1 line produk khusus untuk retail. Tipe 7K1000 dibagi dalam 3 model :

  • Deskstar 7K1000, dibuat hanya untuk kapasitas 1TB dan 750GB. Menargetkan pasar konsumer dan aplikasi komersial.
  • Deskstar E7K1000, mirip dengan model B. Efisien dalam pemakaian power dengan konsumsi power 4.4W sampai kapasitas 750GB dan 5.2W untuk kapasitas 1TB.Tersedia dengan kapasitas 1TB, 750GB dan 500GB. Menyandang harddisk Eco Trac.
  • Deskstar 7K1000.B sebagai harddisk paling efisien untuk pemakaian PC. Tersedia dengan kapasitas 1TB, 750GB, 640GB, 500GB, 320GB, 250GB, 160GB.

Tipe Deskstar 7K1000.B paling banyak memiliki model terbaru. Terlihat dari model Deskstar 7K1000.B inilah yang akan masuk ke pasar retail harddisk untuki gaming PC sampai video editing. Fitur Deskstar 7K1000.B sudah memiliki fitur Eco Trac dan Energy Star 4.0. Seri 7K1000B juga memiliki option untuk pemakaian Bulk Data Encryption / BDE. Sistem pengaman harddisk tersebut digunakan pada NIST sebagai pengunci harddisk untuk AES. Penguna dapat menambahkan fitur pengacak data pada harddisk dengan software tambahan.