Fitur Baru Windows 7

Microsoft terus melakukan penyempurnaan dalam Windows 7. Microsoft sepertinya sedang berusaha memperbaiki citra sistem operasi mereka, terlihat dari banyaknya perubahan yang dilakukan Microsoft di belakang layar Windows 7. Windows sering disebut sebagai sistem operasi yang tidak hanya kodenya tertutup tapi juga mengekang pengguna, terutama dalam hal mengemas berbagai aplikasi buatannya sendiri ke dalam Windows tanpa bisa dihapus sehingga pihak komisi EU (Europan Union)/Uni Eropa yang menangani masalah kompetisi perdagangan menuduh Microsoft dalam melakukan praktik monopoli, membatasi inovasi produk, dan mengurangi pilihan konsumen dengan membundel Internet Explorer dengan Windows.

Blog resmi Engineering Windows 7 mengumumkan bahwa pengguna Windows 7 nantinya akan bisa mengaktifkan atau menonaktifkan hampir semua aplikasi bawaan. Fitur ini akan mulai berlaku pada Windows 7 versi RC (Release Candidate) dan bisa kita akses melalui Control Panel > Programs and Features (sebelumnya ARP – Add/ Remove Programs) > Windows Features atau melalui kotak pencarian di Start Menu dengan mengetikkan Windows features.

Untuk menonaktifkan/mengaktifkan salah satu aplikasi atau fitur, pengguna cukup menghilangkan tanda centang yang ada dan sebaliknya. Aplikasi yang tidak diaktifkan maksudnya adalah file (binari dan data) dari aplikasi/ fitur tersebut tidak akan di-load/ dimuat oleh sistem operasi dan kita tidak bisa memakainya, jadi hal ini akan memudahkan pengguna jika ingin mengaktifkan kembali aplikasi tersebut tanpa perlu memasukkan DVD instalasi Windows.
Beberapa hari sebelumnya juga sudah diketahui dari screenshot di situs AeroXperience mengenai Internet Explorer 8 yang sekarang dapat dinonaktifkan dari Windows 7. Tidak seperti Windows versi-versi sebelumnya yang sebagian besar tidak bisa dinonaktifkan dan walaupun sudah dihilangkan dengan bantuan aplikasi seperti nLite untuk Windwos 2000 dan XP dan vLite untuk Windows Vista yang malah menimbulkan masalah baru. Di Windows 7 aplikasi bawaan tersebut bisa dihilangkan dengan lebih mudah dan aman.

Daftar aplikasi bawaan yang bisa dihilangkan dari Windows 7

Apa yang dilakukan Microsoft dengan memungkinkan pengguna menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak mereka inginkan di Windows 7, menurut saya adalah keputusan yang sangat tepat. Dampaknya pengguna menjadi punya kebebasan lebih terhadap kendali sistem operasi, mendorong pengembang aplikasi pihak ketiga untuk menawarkan produknya dan aplikasi bawaan Windows akan berkembang menjadi semakin berkualitas karena adanya persaingan yang sehat.

Pandangan negatif terhadap Windows juga akan mulai luntur seiring dengan keinginan Microsoft untuk mau mendengar dan membuat keputusan yang berpihak kepada pengguna. Sekarang pertanyaannya apakah Anda sudah cukup puas dengan fitur yang ditawarkan di Windows 7 ini? Dan aplikasi mana saja yang akan langsung Anda hapus dari Windows 7 ? (http://udaramaya.com/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar