Charger Handphone akan Seragam di Tahun 2012

Bulan maret ini, mayoritas produsen ponsel besar telah bersepakat untuk menyeragamkan tipe charger ponsel berbagai tipe pada tahun 2012. Pengumuman tersebut dibuat oleh GSMA (Groupe Speciale Mobile Association) yang mewakili 750 operator telepon selular dunia pada acara Mobile World Congress, Barcelona.

Dengan adanya persetujuan ini, maka para pembuat ponsel harus menciptakan model yang cocok dengan universal charger dimulai tepat tanggal 1 Januari 2012. Rencananya sistem yang akan digunakan adalah sambungan micro USB. Tersedianya charger yang sama untuk setiap ponsel menguntungkan konsumen. Apabila Anda memiliki lebih dari satu jenis ponsel, kini Anda hanya membutuhkan satu jenis charger untuk semuanya, terlebih lagi saat bepergian dengan teman Anda cukup membawa satu jenis charger yang dapat dipakai semua orang.

Selain mempermudah penggunaan charger, GSMA juga menekankan kalau charger baru tersebut akan mengurangi penggunaan bahan mentah. Menurut CEO GSMA, Rob Conway, industri mobile memiliki peran penting dalam perihal lingkungan dan program ini merupakan sebuah langkah penting untuk menghemat sumber daya alam.

Beberapa perusahaan yang sudah menanda tangani rencana ini meliputi AT&T, KTF, LG, mobilkom Austria, Motorola, Nokia, Orange, Qualcomm, Samsung, Sony Ericsson, Telecom Italia, Telefónica, Telenor, Telstra, T-Mobile, dan Vodafone.(CNN). Menurut Apple Insider, salah satu produsen ponsel besar dunia yang absen dalam daftar ini adalah Apple. Apple hingga saat ini masih menggunakan dock connector yang dipakai sejak iPod generasi ketiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar